A. Pengertian Sistem Bersensor Ganda (Sistem Multi Sensor)
Sistem multi sensor merupakan sistem yang menggunakan lebih dari satu chanel sensor dalam interaksinya.
Kegunaan dari sistem multi sensor ini adalah sebagai berikut:
a. Penggunaan saluran sensor secara bersamaan akan meningkatkan bandwith interaksi antara manusia dan computer.
b. Membuat interaksi manusia-komputer menjadi seperti interaksi antara amnesia dan lingkungannya.
- Usable sensory inputs, Multi modal & multimedia system
1. Usable Sensory Inputs
Ada lima sensor input yang dimiliki
manusia yaitu berkenaan dengan penglihatan (visual), merupakan sensor yang
paling utama digunakan dalam komunikasi. Suara (sound) digunakan terbatas pada
beberapa interface.
2. Multi-Modal Dan Multimedia System
Sistem
multi-modal dikembangkan untuk mengambil keuntungan atas indra alami manusia.
Sistem multi-modal menggunakan lebih dari satu indra atau mode komunikasi.
Sistem ini lebih memberdayakan penggunaan auditory channel.
C.
Perkataan (Speech) Di
Interface dan Non-speech
sound
1. Perkataan (Speech) Di Interface
Speech
pada interface terdapat 4 bagian yaitu:
1. Struktur perkataan (structure of speech)
2. Pengenalan perkataan (speech recognition)
3. Perkataan buatan (speech synthesis)
2.
Non-speech
sound (suara bukan ucapan)
Digunakan sebagai alarm dan warning, atau status
information. Penampilan informasi yang redundan dapat meningkatkan kinerja
user. Contohnya, user dapat mengingat suara yang mencerminkan icon tertentu,
tapi bukan tampilan visualnya.
Perbedaan speech dan non-speech
Speech
|
Non-Speech
|
·
Serial dan user harus
mendengarkan seluruh kalimat sebelum mengerti maksudnya, sehingga membutuhkan
waktu yang panjang.
·
Kita perlu memahami
dan menerjemahkan untuk mengetahui bahasa yang digunakan
|
·
Dapat diasosiasikan,
dibutuhkan waktu lebih pendek
·
Universal (mempunyai
arti yang sama di belahan bumi manapun.
·
Menyediakan informasi
status.
·
Navigasi system.
|
Non-speech sound (suara bukan ucapan) terbagi atas 3 bagian yaitu:
a. Sountrack
adalah suatu word-processor dengan
sebuah interface auditory yang didesain untuk user yang bermasalah dengan alat
visualnya.
b. Ikon
Auditori (auditory icon) menggunakan suara alami
untuk merepresentasikan tipe objek dan aksi yang berbeda di interface, misalnya
pada Sonic Finder, suara benturan digunakan untuk aksi membuang sesuatu ke keranjang sampah.
Permasalahan
ikon auditori adalah bahwa beberapa objek dan aksi tidak memiliki kejelasan
suara untuk mengidentifikasikannya, Pada SharedARK, sound digunakan dalam 3
hal, yaitu :
·
Konfirmasi aksi
·
Informasi status
·
Petunjuk navigasi
Suara penegasan (confirmatory
sound) menyediakan informasi yang redundan yang akan meningkatkan umpan balik.
Proses dan state information sound ada dalam 2 level, yaitu :
·
Global sound :
merepresentasikan state ke seluruh system dan dapat didengar dari mana saja.
·
Local sound : spesifik
untuk eksperimen khusus dan berubah saat user mengubah 1 eksperimen ke
eksperimen lain.
c. Earcons Sebuah alternatif penggunaan suara alami adalah
untuk merancang synthetic sounds. Earcons menggunakan kombinasi terstruktur
dari not/nada, yang disebut motives, untuk merepresentasikan aksi dan
objek.
D. Pengenalan
Tulisan Tangan (Handwriting Recognition)
Tulisan tangan
orang per orang sangatlah bervariasi, dan tiap orang berubah-ubah tulisan
tangannya dari hari ke hari. Hal ini akan menimbulkan kesulitan untuk sistem
pengenalan, yang bekerja dengan mencoba mengidentifikasikan baris-baris yang
berisi teks, dan kemudian memilah-milah image yg di digitasi ke dalam karakter-karakter
yang terpisah.
Banyak
solusi-solusi yang diusahakan pada speech recognition juga dicoba pada handwriting
recognition system, dan begitu pula sebaliknya. Seperti, pengenalan
keseluruhan kata, penggunaan conteks untuk karakter-karakter yang yang memiliki
banyak arti, dan neural networks, yang dipelajari dengan contoh.
Seperti
speech, tulisan tangan merupakan bentuk alami dari komunikasi. Tulisan tangan
menawarkan input tekstual dan input grafik dengan menggunakan alat yang sama.
Teknologi yang
digunakan adalah digitizing tablet. Coretan yang dibuat dengan pena akan
ditransformasikan ke dalam seri koordinat, kira-kira 1 dalam 1/50 detik.
Gerakan-gerakan yang cepat akan menghasilkan titik-titik yang lebih jarang
dibandingkan dengan gerakan-gerakan lambat.
E. Text,
Hypertext Dan Hypermedia
Text adalah format umum untuk output dan
sangat berguna dalam berbagai situasi.
Output tekstual ditampilkan dalam bentuk sebuah blok teks, atau sebagai suatu
urutan halaman yang harus dibaca.
Hypertext adalah menstrukturkan blok
teks dalam pertautan atau jaringan yang dapat ditelusuri dalam berbagai cara
yang berbeda.Hypertext mencoba
membatasi keterbatasan-keterbatasan pada text dengan cara membentuk ke dalam
web screen dari pada secara baris.
Hypertext dan
hypermedia adalah satu jaringan simpul (disebut artikel, dokumen, file, kartu,
halaman, frame, layar) yang berisi informasi ( dalam bentuk teks, grafik,
video, sound, dll) yang dihubungkan dengan link (disebut juga cross-reference,
citation). Hypertext umumnya diterapkan untuk aplikasi teks. Hypermedia umumnya
digunakan untuk sistem yang meliputi media lainnya, terutama sound dan video.
a. Aplikasi
Hipermedia
contoh aplikasi ini adalah Hypercard
yaitu dengan carameniru sebuah kartu indeks, sehingga user dapat mencari
sesuatu. Masing-masing kartu dapat menyimpan teks, diagram, photograph, bitmap
dan lain-lain. Selain itu pada kartu-kartu ini juga terdapat tombol forward dan
backward dan sebuah ikon home untuk membolehkan user bergerak secara
sekuensial.
b. Masalah
pada Hipermedia
Sangatlah sulit memutuskan dengan pasti
posisi seseorang di dalam hiperteks web. Solusi untuk masalah dengan
menyediakan peta dokumen hiperteks yang mengidentifikasikan posisi seseorang.
Jika informasi disajikan dalam struktur yang lebih kompleks, terdapat
kemungkinan terlewatkannya halaman-halaman tertentu atau item-item atau
informasi.
F. Animasi
Dan Video
1.
Animasi
Animasi
menjadi elemen yang paling biasa / lazim pada sebuah sistem. Dengan animasi
dapat membuat suatu image berpindah, berubah (alter) dan berganti pada waktu
yang bersamaan.
Contoh:
·
Animasi kursor
·
Jam
·
Icon jam gelas untuk menunjukkan suatu pekerjaan sedang berlangsung.
·
Kartun
2.
Video Dan Digital Video
Penggunaan
video akan memperluas potensi interface dan memberikan designer tool/alat lain,
dan cara lain untuk menampilkan informasi. Media
penyimpanan digital salah satunya adalah dalam bentuk Compact Disk (CD).
Macam-macam CD :
1. CD-I
2. CD-XA
(extended Architecture)
3. DVI
( Digital Video Interactive
G. Pengenalan gerak & komputer vision
1.
Pengenalan Gerak
Gerakan adalah komponen
IMK yang menjadi pusat perhatian dalam Multimodal system. Dengan beberapa
gerakan untuk mengkontrol komputer, adalah merupakan suatu keuntungan pada
situasi dimana tidak ada kemungkinan untuk melakukan pengetikan atau ketika
panca indera lainnya tidak bisa digunakan.
2.
Komputer vision
Sistem visi yang
baik memungkinkan komputer mengenali user dan membentuk sistem yang sesuai
permintaan. Salah satu aplikasi komputer visi adalah Argus. Argus adalah salah
satu aplikasi dari komputer visi yang berfungsi sebagai penjaga pintu digital.
Argus bekerja sama dengan mendeteksi wajah para tamu dan mencocokkannya dengan
data yang ada.
H.
Aplikasi Multi-Media
System
1. Interface Untuk User Dengan Kebutuhan Khusus
Penelititan
interface untuk user dengan kebutuhan-kebutuhan khusus terfokus pada penyediaan
sistem interaksi bagi mereka yang kebutuhannya tidak disediakan oleh komputer
standard. Biasanya hal ini karena interface menggunakan saluran input atau
ouput yang tidak dapat digunakan dengan efektif oleh user. Berkembangnya
penggunaan graphical interface mengurangi kemungkinan bagi user yang mengalami
kerusakan visual/penglihatan.
Standard interface
saat ini adalah graphical interface. Karena interface yang berkembang saat ini
banyak menggunakan gambar-gambar/grafik, maka akses ke komputer bagi user yang
mengalami kesulitan penglihatan malah berkurang. Hal ini disebabkan output
dalam bentuk Braille tidak dapat digunakan untuk merepresentasikan gambar.
2.
Virtual Reality
Virtual
reality berhubungan dengan simulasi yang diciptakan computer atas suatu situasi
dimana user seolah-olah berada dalam situasi itu. VR ini merupakan seni dalam
Multi-Media System tapi lebih ditekankan pada sensasi visual.
Salah satu aplikasi dari VR adalah :
1. Permainan
3 dimensi.
2.
Data
visualization, umumnya digunakan pada bidang kimia protein.
3.
Simulasi
penerbangan (merupakan aplikasi VR secra interaktif ) : yang menunjukkan dunia
di luar, pada saat yang bersama, komplit direproduksi secara tepat di dalam
kotak animasi yang menggunakan system
hidrolik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar