A.
ALAT INPUT DAN OUTPUT
Di dalam bidang komputer, Unit Input/Output atau sering juga disingkat (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor komunikasi antara sistem pengolahan informasi (seperti komputer) yang digunakan untuk berhubungan dengan dunia luar, yang memungkinkan manusia atau sistem lain pengolahan informasi.
Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk
memasukkan data dari luar ke
dalam mikroprosesor ini atau sinyal (data) yang diterima oleh sistem, contohnya, data yang berasal dari keyboard atau mouse.
Sementara, Unit output merupakan sinyal atau data yang dikirim dari input. Output biasanya, digunakan untuk
menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan
oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Macam-Macam Alat Input Komputer
No
|
Gambar Alat
|
Nama Alat
|
Fungsi
|
1.
|
Keyboard
|
Berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.
|
|
2.
|
Mouse
|
Berfungsi untuk memindahkan pointer atau
kursosr secara cepat serta mengatur posisi kursor di layar
|
|
3.
|
Scanner
|
Berfungsi untuk mengopi atau menyalin gambar
atau teks yang kemdian disimpan dalam memori komputer. Scanner
sebenarnya terbagi atas beberapa jenis menurut fungsinya. ada
yang berfungsi memindai tulisan dan menyimpannya dalam format
teks, ada yang berfungsi untuk memindai dan menyimpan dalam
format picture, ada pula yang berfungsi untuk memindai warna
hitam seperti yang dilakukan alat periksa kertas ujian.
|
|
4.
|
Joystick
|
Umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk
memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol
|
|
5.
|
Touch pad
|
Fungsinya sebagai penggerak kursor pada
monitor melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad
tersebut
|
|
6.
|
Track ball
|
Menyimulasikan pergerakan vertikal mouse,
sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk
dapat menaikkan atau menurunkan layar
|
|
7.
|
Light Pen
|
Untuk memodifikasi atau mendesain gambar
dengan screen
|
|
8.
|
Camera digital
|
Menangkap obyek gambar yang akan ditampilkan
ke layar komputer untuk diproses lebih lanjut
|
|
9.
|
Handy cam
|
Merekam gambar yang akan ditampilkan ke layar
monitor untuk diproses lebih lanjut
|
|
10.
|
Webcam
|
Digunakan untuk konferensi video jarak
jauh atau sebagai kamera pemantau.
|
|
11.
|
Microphone and headphone
|
Microphone berfungsi untuk merekam suara yang
akan disimpan dalam memori komputer, selain itu kita juga dapat
berbicara dengan orang lain pada saat chatting. Headphone
berfungsi untuk mendengarkan suara
|
|
12.
|
Graphics Pads
|
Untuk menggambar objek pada monitor
|
|
13.
|
Barcode
|
Berfungsi untuk membaca suatu kode yang
berbentuk kotak-kotak atau garis- garis tebal vertikal yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka
|
Macam-Macam Alat Output Komputer
No
|
Gambar Alat
|
Nama Alat
|
Fungsi
|
1.
|
Monitor
|
Berfungsi menampilkan teks dan/atau gambar, baik
diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh grafik.
|
|
2.
|
Printer
|
Untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau
media lainnya seperti kertas transparansi
|
|
3.
|
Plotter
|
Digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang
cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan
|
|
4.
|
Speaker
|
Untuk memberikan informasi dalam bentuk suara
|
|
5.
|
Proyektor
|
Berfungsi menampilkan bayangan sebuah gambar
positif yang dapat ditembus cahaya.
|
B.
SHORT TERM MEMORY (STM) dan LONG TERM MEMORY (LTM)
Seperti hal nya manusia, memori
komputer dapat dikategorikan dalam dua kelompok yaitu : memori jangka pendek (
short term memory / STM) dan memori jangka panjng ( long term memory / LTM ).
Short Term Memory (STM)
Memori komputer pada level yang paling
rendah adalah register. Informasi yang sedang aktif disimpan dalam random akss
memori (RAM). RAM dibedakan berdasarkan waktu akses , penggunaan energi dan
karakteristik nya. Kebanyakan Ram bersifat Volatil. Ada beberapa Ram yang
bersifat non volatile yang didikung
dengan penggunaan baterai kecil. RAM jenis ini digunakan untuk menyimpan
informasi awal pada komputer besar dan berupa memori pocket organizer.
Long Term Memory (LTM)
Kebanyakan komputer menggunakan LTM
yang terdiri dari disk dan tape untuk back up. Terdapat dua jenis teknologi
utama yang digunakan disk, yaitu magnetic disk dan optical disk. Media
penyimpanan yang paling umum, floppy disk dan hardisk menyimpan informasi dalam
bidang yang dilapisi bahan magnetik. kapasitas penyimpanan floppi disk berkisar
antara 300 Kbytes hingga 1.4 Mbytes. Hardisk memiliki kapasitas yanng lebih
besara lagi. Optical disk menggunakan sinar laser untuk membaca dan menulis
informasi. CD-ROM merupakan contoh device optical disk yang sederhana. Optical
disk bagkanb dapat menyimpan data dalam kapasitas yang lebih besar lagi dibandingkan media magnetik disk.
Kapasitas media penyimpanan
|
STM
|
LTM
|
Media
|
RAM
|
HARD DISK
|
Capacity
|
Mbytes
|
Gbytes
|
Access time
|
200 ns
|
10 ms
|
Transper rate
|
10 Mbytes /s
|
100 Kbytes/s
|
C.
PROSES PADA KOMPUTER
Komputer terdiri dari sekelompok peralatan serta instruksi /
program yang satu sama lainnya tidak bisa dipisahkan,
baik diantara peralatan itu sendiri maupun
antara peralatan dengan instruksi / program. Semuanya merupakan satuan yang saling bekerja sama dan saling
tergantung satu dengan lainnnya.
Booting dapat diartikan sebagai proses untuk menghidupkan komputer sampai
sistem operasi mengambil alih proses.
Selain itu arti BIOS pun perlu dipahami. BIOS (Basic Input Output System)
adalah suatu kode software yang ditanam di dalam suatu sistem komputer yang
memiliki fungsi utama untuk memberi informasi visual pada saat komputer
dinyalakan, memberi akses ke keyboard dan juga memberi akses komunikasi secara
low-level diantara komponen hardware.
Urutan Proses Booting :
- Saat komputer dihidupkan, processor menjalankan BIOS, dan kemudian BIOS melakukan POST (power-on-self test), yaitu memeriksa atau mengecek semua hardware yang ada. Kegiatan ini bisa dilakukan, jika setting BIOS benar.
- BIOS akan mencari disk boot untuk menjalankan sistem operasi.
- Sistem operasi berjalan dan siap digunakan.
Proses Booting ada dua macam, yaitu :
- Cold booting, yaitu booting komputer dari keadaan mati.
- Warm booting, yaitu booting komputer pada saat komputer sudah hidup(mendapat suplai listrik).
Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang
berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input
kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan
diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen
perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Peralatan
proses tersebut diantaranya:
1.
Power Supply berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC dan
mensuplai tegangan ke perangkat keras komputer seperti: motherboard, harddisk,
floppy disk dan CD Room. Power supply mempunyai 2 jenis, yaitu: power supply
jenis AT dan power supply jenis ATX.
2.
Motherboard adalah komponen yang sangat penting pada komputer yang
berfungsi untuk tempat memasang berbagai perangkat komputer seperti: RAM,
prosessor, VGA Card, LAN Card dan perngkat yang lain. Motherboard sendiri
didukung oleh beberapa chispset yang berfungsi untuk mendukung kinerja
komputer.
3.
CPU atau Prosessor CPU atau adalah otak dari komputer,
komponen ini berfungsi sebagai pengendali proses pada komputer. Satuan dari
kecepatan prosessor adalah MHz, sehingga semakin besar nilainya maka semakin
cepat kecepatan akses prosessor.
4.
Memori (RAM) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai
media penyimpan data yang bersifat sementara, artinya jika komputer dimatikan
maka data yang disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis. RAM
sangat mempengaruhi kecepatan akses komputer sehingga semakin besar kapasitan
RAM maka semakin cepat pula kecepatan akses pada komputer.
5.
Harddisk merupakan media penyimpanan pada komputer yang bersifat
permanen. Harddisk digunakan untuk menyimpan data dan program dengan skala besar.
6.
VGA adalah komponen yang berhubungan dengan peralatan pemroses
grafis, sehingga semakin bagus VGAnya maka semakin bagus pula kualitas gambar
yang dihasilkan.
7.
Sound Card berfungsi untuk memproses data berupa suara. Dengan Sound
Card kita bisa memasukkan data berupada suara atau mengeluarkan output berupa
suara.
Proses Komputer yang menjalankan program interakstif dapat memproses 10 jutainstruksi per detik. Kecepatan pemrosesan dapat mempengaruhi sistem interaktif. Haliniharus diperhitungkan dalam merancang sebuah sistem interaktif. Adabeberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan pemrosesan sistem interaktif,yait
a.
Komputasi. Hal ini jarang terjadi dalam program interaktif, namun bukan berartii tidak mungkin. Contohnya, jika menggunakan fungsi mencari(find) atau mengganti (replace) pada sebuah dokumen yang besar, jangan sampai terjadi waktu tunggu yang
lama. Ada baiknya user diberitahu mengenai progres suatu proses atau pada saatawal akan dilakukan proses user diberikan gambaran mengenai waktu proses.
b. Saluran penyimpanan (storage channel). Kecepatan akses memori dapat berpengaruh terhadap sistem interaksi. Jika banyak dilakukan komputasi dan prosesditangani oleh memori maka dimungkinkan untuk mengatur penggunaan memori dankecepatan. Sebagai contoh, data yang terkompresi akan memakan tempat yang sedikitdan dapat dibaca atau dikeluarkan (output) dengan cepat, namun harus dikomprespada saat akan disimpan dan dikompres pada saat akan diambil. Sehinga kecepatanakses memori yang cepat mengakibatkan waktu proses yang lebih lama. Jika datalebih sering ditulis dibandingkan dibaca, maka akan lebih baik dipilih tehnik yang lebihbaik / mahal untuk kompresi dan tehnik dekompresi yang sederhana. Pada beberapasistem interaktif, kemampuan browsing yang cepat sangat dibutuhkan.
c.
Grafik. Untuk beberapa interface modern, hal ini merupakan masalah umum yangdihadapi. Kadangkala dengan koding dapat dikurangi waktu yang dibutuhkan untukoperasi grafik. Namun hasilnya dapat bervariasi untuk beberapa program meskidijalankan pada hardware yang sama. Sebuah special-purpose graphic coprocessordapat ditambahkan pada komputer untuk menangani operasi grafik.
d.
Kapasitas jaringan. Kini semakin banyak komputer yang terhubung dengan jaringan.Jaringan dapat dimanfaatkan untuk membagi penggunaan (sharing) file dari remotemachine. Pada saat mengakses file tersebut, kecepatan / kapasitas jaringan yang akanmembatasi proses bukan memori lagi.
INTERAKSI
A.
Jenis Interaksi
Interaksi bisa dikatakan sebagai
dialog antara user dengan komputer. Terdapat beberapa jenis interaksi manusia
(user) dan komputer :
- Command Line
Interface (Berinteraksi menggunakan satu baris perintah).
Contoh : Unix, Linux (Terminal, Console), DOS.
- Menu (Pilihan
yang disediakan oleh suatu perangkat lunak)
Contoh : Start Menu di Windows, Menu di dalam suatu aplikasi.
- Natural
Language (bahasa alami)
Contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) seperti Pascal, Cobol, RPG, ADA, C, C++.
- Question/answer
and query dialogue
contoh : mysql, dbase interaktif, dll. - Form-fills and
spreadsheets
contoh : excel, lotus, openoffice spreadsheet.
- WIMP
– Windows Icon Menu Pointer
– Windows Icon Mouse Pulldown Menu
yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll.
B.
Model Interaksi
1.
Model Ikonik
Model ikonik adalah perwakilan fisik dari beberapa hal baik
dalam bentuk ideal ataupun dalam skala yang berbeda.Model ikonik mempunyai
karakteristik yang sama dengan hal yang diwakili, dan terutama amat sesuai
untuk menerangkan kejadian pada waktu yang spesifik. Model ikonik dapat
berdimensi dua (foto, peta, cetak biru) atau tiga dimensi (prototip mesin,
alat).
2.
Model Analog (Model Diagramatik)
Model analog, yaitu keadaan berubah menurut waktu. model
ini lebih sering dipakai daripada model ikonik karena kemampuannya untuk
mengetengahkan karakteristik dari kejadian yang dikaji. Model analog banyak
berkesusuaian dengan penjabaran hubungan kuantitatif antara sifat dan klas-klas
yang berbeda. Dengan melalui transformasi sifat menjadi analognya, maka kemampuanmembuat
perubahan dapat ditingkatkan
3.
Model Simbolik (Model Matematik)
Format model simbolik dapat berupa bentuk angka, simbol,
dan rumus. Jenis model simbolik yang umum dipakai adalah suatu persamaan
(equation). Bentuk persamaan adalah tepat, singkat, dan mudah dimengerti.
Simbol persamaan tidak saja mudah dimanipulasi daripada kata-kata, namun juga
lebih cepat ditangkap maksudnya. Suatu persamaan adalah bahasa universal pada
penelitian operasional dan ilmu sistem, dimana dipakai suatu logika simbolis. Permodelan
mencakup suatu pemilihan dari karakteristik dari perwakilan abstrak yang paling
tepat pada situasi yang terjadi. Pada umumnya, model matematis dapat
diklasifikasikan menjadi dua bagian. Suatu model adalah bisa statsik atau
dinamik. Model statik memberikan informasi tentang peubah-peubah model hanya
pada titik tunggal dari waktu. Model dinamik mampu menelusuri jalur maktu dari perubahan-perubahan
model.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar