Senin, 15 Desember 2014

PARADIGMA, PRINSIP INTERAKSI DAN PROSES DESAIN

PRINSIP,  PARADIGMA INTERAKSI & DESAIN PROSES
A.    Paradigma Interaksi
Paradigma yaitu sistem interaksi yang berhasil pada umumnya diyakini akan meningkatkan daya guna dari sistem tersebut.
Prinsip yaitu: Interaksi efektif dari bebagai aspek pengetahuan seperti psikologi, komputasi dan sosiologi yang mengarahkan pada peningkatan desain, dan evolusi produk yang pada akhirnya akan meningkatkan daya guna sistem.
Sistem Interaktif memungkinkan user mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi. Sistem interaktif harus dapat didayagunakan (usability) untuk meningkatkan keberhasilan suatu sistem aplikasi.
Dua pendekatan agar suatu sistem interatif dibangun dan cara mengukur atau mendemontra-sikan dayaguna (usability) suatu sistem interaktif
1.      Paradigma adalah sistem interaktif yang berhasil /sukses pada umumnya diyakini akan mening-katkan dayaguna (usability) dari sistem tersebut.
2.      Prinsip adalah interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan psikologi, komputasi dan sosiologi mengarahkan peningkatan desain dan evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya-guna sistem tersebut.
B.     Jenis-jenis Paradigma
1.      Time Sharing
2.      Video Display Units (VDU)
3.      Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman)
4.      Komputer Pribadi (Personal Computing)
5.      Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and
Pointers)
6.      Metapora (Metaphor)
7.      Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)
8.      Bahasa vs. Aksi (Language versus Action)
9.      Hypertext
10.  Multi-Modality
11.  Computer-Supported Cooperative Work (CSCW)

C.    Prinsip-prinsip Pendukung interaksi
1.      Learnability : Kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal.
2.      Flexibility : Menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi.
3.      Robustness : Tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan ataupun tujuan (goal) yang diinginkan.

D.    Siklus Perkembangan Softwere
Siklus hidup Software (Software Development lifecycle) adalah sebuah usaha untuk mengidentifikasi aktifitas yang terjasi selama pengembangan sebuah perangkat lunak. Aktifitas ini  kemudian diurutkan  sesuai dengan waktu  pelaksanaannyaproyek pengembangan manapun dan diaplikasikan tehnik yang tepat pada setiap aktifitasnya.
Dalam pengembangan software ada beberapa tahapan untuk mencapai kualitas pembuatan/ siklus hidup software. Dapat kami jabarkan siklus hidup software atau tahap penegmbangan software sebagai berikut :
Tahap Pengembangan Software ( Siklus Hidup Software )
a.       Requirements Analysis ( Analisa Kebutuhan )
b.      System and Software Design ( Prencanaan Sistem dan Software )
c.       Implementation ( Implementasi )
d.      System Testing ( Pengujian Sistem )
e.       Operation and Maintenance ( Pengoperasian dan Pemeliharaan )
2.      Waterfall Model
Nama model ini sebenarnya adalah “Linear Sequential Model”. Model ini sering disebut dengan “classic life cycle” atau model waterfall. Model ini adalah model yang muncul pertama kali yaitu sekitar tahun 1970 sehingga sering dianggap kuno, tetapi merupakan model yang paling banyak dipakai didalam Software Engineering (SE). 
3.      RAD ( Rapid Application Development ) Model
Rapid Application Development (RAD) atau Rapid Prototyping adalah model proses pembangunan perangkat lunak yang tergolong dalam teknik incremental (bertingkat). RAD menekankan pada siklus pembangunan pendek, singkat, dan cepat. Waktu yang singkat adalah batasan yang penting untuk model ini.  Rapid application development menggunakan metode interatif (berulang) dalam mengembangkan sistem dimana working model (model bekerja) sistem dikonstruksikan di awal tahap pengembangan dengan tujuan menetapkan kebutuhan (requirement) user dan selanjutnya disingkirkan. Working model digunakan kadang-kadang saja sebagai basis desain dan implementasi sistem final.
E.     Aturan Desain
1.      Standard
a.       Standar suatu desain selalu ditentukan oleh organisasi nasional atau internasional, ISO atau BSI, untuk memastikan kepastian pemenuhan syarat-syarat tertentu oleh komunitas besar para desainer.
b.      Standar memerlukan teori mendasar dan secara pelan mengubah teknologi
c.       Standar memerlukan teori mendasar pada faktor fisiologi atau ergonomic
d.      Standar perangkat lunak berdasarkan pada faktor psikologi dan teori kognotif
e.       Standar perangkat keras lebih umum digunakan dibanding standar perangkat lunak
f.       Perangkat keras memiliki harga yang mahal dan sulit untuk diubah. Perubahan sering terjadi
g.      Perangkat keras memiliki harga yang murah dan untuk untuk diubah. Perubahan tidak sering terjadi
h.      ISO 9241 mendefinisikan tingkat kegunaan sebagai efektivitas, efisiensi dan kepuasan dengan mana pengguna menyelesaikan suatu tugas
i.        Daya guna: efektivitas, efisiensi dan kepuasan bagi user untuk mencapai tujuan.
2.      Guidelines (Garis Pedoman)
a.       Lebih bersifat saran dan umum
b.      Banyak biku teks dan laporan yang berisi garis pedoman
c.       Abstrak dari garis pedoman (prinsip) dapat digunakan selama aktivitas awal siklus hidup
d.      Detail garis pedoman (petunjuk gaya – style guides) dapat digunakan selama aktifitas awal siklus hidup
e.       Pemahaman pembenaran untuk garis pedoman ini akan membantu penyelesaian konflik yang teradi.
F.     Prototyping Model
Prototype adalah bagian dari produk yang mengekspresikan logika maupun fisik antarmuka ekternal yang ditampilkan. 
Tahap-tahap  rekayasa software dalam Prototype Model, yaitu:
1.      Pengumpulan kebutuhan
2.      Perancangan Cepat
3.      Bangun Prototype
4.      Evaluasi prototype
5.      Perbaikan Prototype
G.    Desain Rasionalitas
Rasionalitas design (design rasionality) adalah informasi yang menjelaskan alasan mengapa suatu keputusan dalam suatu tahap perancangan / desain sistem komputer dibuat atau diambil, termasuk deskripsi struktural atau arsitektural dan deskripsi fungsi atau perilakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar